Thursday, April 1, 2010

Da Vinci’s The Vitruvian Man




Ini nih keterangan yang saya dapat (copy - paste) :

The Vitruvian Man yang terkenal di dunia gambar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci di sekitar tahun 1487 [1] Hal ini disertai dengan catatan berdasarkan pekerjaan Vitruvius. Yang menggambar, yang berada di pena dan tinta di atas kertas, menggambarkan seorang laki-laki telanjang dalam dua angka dilapiskan keatasnya dengan posisi tangan dan kaki terpisah dan secara bersamaan ditulis dalam lingkaran dan persegi. Teks dan gambar yang kadang-kadang disebut dari proporsi atau Canon, sering kurang, proporsi Man. Akan disimpan di Gallerie dell'Accademia di Venesia, Italia, dan, seperti kebanyakan karya di atas kertas, hanya kadang-kadang ditampilkan. [2] [3]
Gambar yang didasarkan pada correlations proporsi manusia yang ideal dengan geometri yang dijelaskan oleh arsitek Romawi kuno Vitruvius dalam Buku III dari risalah-Nya Architectura De. Vitruvius menggambarkan manusia sebagai tokoh utama sumber proporsi antara Klasik pesanan arsitektur. Seniman telah berusaha untuk menggambarkan konsep, dengan kurang sukses. Menggambar secara tradisional yang bernama dalam kehormatan dari arsitek.


Ini gambar yang exemplifies campuran seni dan ilmu selama Renaisans dan memberikan contoh yang sempurna dari Leonardo minat dalam proporsi. Selain itu, gambar ini merupakan dasar dari Leonardo upaya untuk berhubungan dari manusia ke alam. Ensiklopedia Britannica online menyatakan, "Leonardo tergambar grafik gambar yang besar dari tubuh manusia dia telah dihasilkan melalui anatomis dan gambar Vitruvian Man sebagai cosmografia del minor mondo ( kosmografi yang kecil). Ia percaya pada pekerjaan tubuh manusia menjadi analogi untuk pekerjaan alam semesta. " Hal ini juga diyakini oleh beberapa [who?] Leonardo yang dilambangkan oleh keberadaan materi yang persegi dan rohani oleh keberadaan lingkaran. Dengan demikian ia berusaha untuk melukis dengan korelasi antara dua aspek keberadaan manusia. [4] Menurut Leonardo dari catatan dalam mendampingi teks, ditulis dalam cermin menulis, ia dijadikan sebagai sebuah studi yang proporsi (lelaki) tubuh manusia seperti yang dijelaskan di Vitruvius, ini menunjukkan apa yang dapat Anda lihat dalam gambar dari vitruvius:
sebuah sawit adalah lebar dari empat jari
sebuah kaki adalah lebar dari empat pohon kelapa (ie, 12 inci)
satu hasta adalah lebar enam pohon kelapa
dengan kecepatan empat hasta
seorang laki-laki dari empat hasta tinggi (dan dengan itu 24 pohon kelapa)
panjang seorang laki-laki dari penyebaran senjata sama dengan ketinggian
jarak dari hairline ke bagian bawah dagu adalah satu dari sepuluh orang dari ketinggian
jarak dari bagian atas kepala ke bagian bawah dagu adalah satu dari delapan orang dari ketinggian
jarak dari bagian bawah leher ke hairline adalah satu dari enam orang dari ketinggian
maksimum lebar bahu adalah seperempat dari seorang laki-laki dari ketinggian
jarak dari bagian tengah dada ke bagian atas kepala adalah seperempat dari seorang laki-laki dari ketinggian
jarak dari siku ke ujung tangan adalah satu-keempat seorang laki-laki dari ketinggian
jarak dari siku ke ketiak adalah satu dari delapan orang dari ketinggian
panjang tangan adalah satu dari sepuluh orang dari ketinggian
jarak dari bagian bawah dagu ke hidung adalah satu-sepertiga dari panjang kepala
jarak dari hairline ke eyebrows adalah satu sepertiga panjang muka
panjang di dekat telinga adalah satu-sepertiga panjang muka
panjang seorang kaki adalah salah satu dari enam orang-tingginya
Leonardo jelas menggambarkan Vitruvius' De architectura 3.1.2-3 yang berbunyi:
Bagi tubuh manusia itu adalah sifat yang dirancang oleh wajah, dari dagu ke bagian atas dahi dan terendah dari akar rambut, merupakan bagian kesepuluh dari seluruh ketinggian; yang buka tangan dari pergelangan tangan ke ujung jari tengah hanya yang sama; kepala dari dagu ke mahkota merupakan kedelapan, dan dengan leher dan bahu dari atas ke payudara yang terendah dari akar rambut yang keenam; dari bagian tengah ke payudara puncak dari mahkota yang keempat. Jika kita mengambil ketinggian muka sendiri, jarak dari bagian bawah dagu ke bawah samping nostrils adalah salah satu dari ketiga itu; hidung dari bawah samping nostrils ke baris antara eyebrows sama; dari sana ke terendah dari akar rambut juga ketiga, yang terdiri dari dahi. Panjang kaki adalah salah satu dari enam ketinggian tubuh; dari tangan, seperempat, dan luas dari payudara juga seperempat. Anggota lainnya yang juga memiliki proporsi simetris, dan ia Mempekerjakan oleh mereka yang terkenal dan pelukis sculptors dari jaman dahulu untuk dicapai endless besar dan terkenal.
Demikian pula, pada anggota yang sebaiknya ada candi yang paling harmonis dalam hubungan simetris dari berbagai komponen untuk kepentingan umum dari seluruh. Kemudian lagi, dalam tubuh manusia adalah titik sentral yang di alami pusar. Sebab jika seorang laki-laki ditempatkan pada flat kembali, dengan kedua tangan dan kaki panjang, dan sepasang compasses Pusat di pusar, di jari kaki dan dua dari tangan dan kaki akan menyentuh dari keliling lingkaran itu dijelaskan. Dan sama seperti tubuh manusia yang menghasilkan circular outline, jadi terlalu persegi angka dapat ditemukan darinya. Sebab jika kita mengukur jarak dari soles dari kaki ke bagian atas kepala, kemudian ukuran yang berlaku pada lengan terulur, yang luasnya akan ditemukan sama seperti ketinggian, seperti dalam kasus pesawat permukaan yang persegi yang sempurna. [1]
Berbagai sudut pandang yang diatur dengan Romanticism telah kami yakin bahwa tidak ada hal seperti itu sebagai universal set untuk proporsi tubuh manusia. Bidang anthropometry telah dibuat untuk menjelaskan variasi ini individu. Vitruvius' pernyataan dapat diinterpretasikan sebagai pernyataan mengenai rata-rata proporsi. Vitruvius berjalan melalui beberapa kesulitan untuk memberikan presisi matematis definisi tentang apa artinya dia mengatakan bahwa pusar adalah pusat dari tubuh, tetapi definisi lainnya mengakibatkan hasil yang berbeda, misalnya di tengah massa dari tubuh manusia tergantung pada posisi dari limbah, dan dalam sikap berdiri biasanya sekitar 10 cm lebih rendah dari pusar, di dekat bagian atas hip tulang.
Perlu diketahui bahwa Leonardo's drawing menggabungkan hati membaca dari teks kuno sendiri dengan pengamatan yang sebenarnya tubuh manusia. Dalam menggambar lingkaran dengan benar dan adil ia melihat bahwa seorang tidak dapat memiliki yang sama sebagai pusat lingkaran, di pusar, tetapi sedikit lebih rendah di anatomi. Penyesuaian ini adalah bagian dari Leonardo inovatif dari menggambar dan apa yang membedakan dari ilustrasi sebelumnya. Dia juga berangkat dari Vitruvius oleh menggambar di lengan diangkat ke posisi yang tinggi dengan ujung jari adalah bagian atas kepala, daripada Vitruvius dari sudut jauh lebih rendah, di mana lengan berupa garis yang melewati pusar.
Gambar itu sendiri yang sering digunakan sebagai simbol yang tersirat penting simetri dari tubuh manusia, dan dengan perpanjangan, ke alam semesta secara keseluruhan.
Mungkin bahwa pemeriksaan oleh yang menggambar bahwa kombinasi lengan dan kaki posisi benar-benar menciptakan enambelas poses berbeda. Yang berpose dengan lengan lurus dan kaki yang sama dianggap menjadi yang ditulis dalam dilapiskan keatasnya persegi. Di lain sisi, "menyebar-eagle" berpose dianggap harus ditulis dalam lingkaran dilapiskan keatasnya.
Gambar yang berada dalam kumpulan Giuseppe Bossi, yang digambarkan dalam risalah-Nya pada Leonardo's The Last Supper, Del Cenacolo di Leonardo Da Vinci libri quattro (1810). [5] di tahun berikutnya ia excerpted bagian kepada yang bersangkutan dengan monografi Vitruvian Man dan diterbitkan sebagai delle opinioni di Leonardo da Vinci intorno alla simmetria de'Corpi Umani (1811), dengan dedikasi kepada teman Antonio Canova. [6]
Oleh penulis yang didedikasikan kepada teman, yang neoclassical pengukir Antonio Canova, diskusi ini dari Leonardo dari teori proporsi manusia yang diambil dari Bossi monografi pada Supper Terakhir, hal. 202-26 (No. 318).
Bossi setelah kematian di Vitruvian Man 1815 yang telah diperoleh dengan massal kepada gambar oleh Accademia.



Pernyataan di modern

Vitruvian Man yang kini digunakan sebagai simbol kontemporer medis profesional dan segi medis. Banyak perusahaan medis telah mengadopsi karya seni ini sebagai simbol dari kelompok, perusahaan atau organisasi. Ironisnya ia juga datang untuk mewakili obat alternatif dan pendekatan holopathic kesehatan.
Profesi medis dan Vitruvian Man telah menjadi agak identik dengan praktek-praktek medis modern. Amerika Serikat, Arab Saudi, India dan Jerman adalah negara yang telah diterima secara luas dan mengadopsi Vitruvian Man sebagai simbol profesionalisme medis. Vitruvian Man yang masih salah satu yang paling dirujuk ulang artistik dan gambar di dunia ini. Proporsi bagi tubuh manusia, seperti yang diusulkan oleh Vitruvius, telah terinspirasi banyak seniman menggambar mereka dalam versi yang Vitruvian Man:
Cesare Ceasariano (1521) yang penting edited edisi 1521 "De Archtectura" dari Vitruvius (Leonardo da Vinci yang diduga telah memberikan ilustrasi untuk edisi ini).
Albrecht Dürer (1528) dalam bukunya Vier Bücher von menschlicher Proporsi (Empat buku pada proporsi manusia)
Pietro Giacomo di Cataneo (1554)
Heinrich Lautensack (1618)
William Blake (1795) "Hari Glad" (sekarang dikenal sebagai "Albion rose"). Ini adalah representasi tanpa lingkaran dan persegi.
Susan Dorothea Putih 's versi Sex Ubah untuk Vitruvian Man (2005)
Serta penggunaannya oleh profesi medis, yang Vitruvian Man telah digunakan di berbagai fiksi dan non-fiksi media, untuk berbagai keperluan simbolis. Misalnya, gambar muncul di samping nasional Italia € 1 koin, dipilih oleh Menteri Ekonomi (dan kemudian Presiden Republik Italia) Carlo Azeglio Ciampi untuk arti simbolis tinggi "manusia sebagai ukuran segala sesuatu".
Bergaya Vitruvian Man angka telah diadopsi untuk mewakili ikon aksesibilitas di Mac OS [7] dan desktop Gnome interface komputer.
Terutama bila digunakan dalam fiksi, gambar Vitruvian Man yang umumnya diubah sesuai dengan pengaturan oleh karakter, [8] sebuah tulang atau non-manusia [9] (seperti robot [10] dalam sains fiksi atau hewan). Recognisable yang mudah-gambar lends sendiri untuk menjadi referensi. [11]

Align Center
Mirip gak ?

0 comments:

 

Fikriansyah's Blog © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates