Saturday, April 3, 2010

Kerjasama


Hmmm . . . Di farmasi pada beberapa praktikumnya kita dibagi menjadi beberapa kelompok kerja . . Biasanya diatur berdasarkan Nomor Induk Mahasiswa,,, terdiri dari 3 – 5 orang . . Hal ini sangat berguna . .

Praktikum itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit . . Setiap pekerjaan harus dilakukan dengan sungguh2 dan teliti . . Dan supaya akurat, harus ada replikasi nya. . . Oleh karena itulah kerjasama sangat dibutuhkan . . Koordinasi dan komunikasi antar anggota kelompok harus terjalin dengan baik . . Tidak boleh ada yang merasa dia tidak berguna dan tidak boleh sombong dengan merasa cukup dia sendiri yang melakukannya . . Semua acara praktikum mesti dilaksanakan bersama . . Saling membantu,,, saling mengingatkan . ..

Belum lagi setelah praktikum ada yang namanya laporan praktikum kelompok . . Didalam satu laporan itu, harus terdapat tulisan semua anggota kelompok sebagai bukti bahwa semua ikut andil dalam menyelesaikan laporan praktikum tersebut . . Anggota kelompok harus solid . . .

Ketika praktikum, harus benar – benar praktikum . . Tidak boleh main2 dan bercanda yang berlebihan. Karena yang sedang dihadapi adalah zat/bahan kimia. Semua anggota kelompok harus bekerja secara efektif.

Dalam penggunaan alat atau bahan yang sama dengan kelompok lain, sebaiknya saling mengantri. Jika terdesak (terpengaruh waktu) sebaiknya didahulukan. Jagalah keakraban. Tidak ada gunanya saling berebutan.

Jadi, kesimpulannya, PRAKTIKUM = ASIK !!!

0 comments:

 

Fikriansyah's Blog © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates